Apa itu Jersey => Disini pengertian jersey merujuk pada pakaian yang dikenakan oleh pemain sebuah klub. Umumnya,dibagian depan jersey terpampang lambang tim pada dada sebelah kiri dan ikon brand yang memproduksi di sebelah kanan. Sementara itu,nama dan nomor pemain tercetak dibagian belakang.
Sebenarnya disini saya ingin membagikan sebuah pengalaman saya ketika mengerjakan projek selama magang. Jadi, judul dari projek tersebut adalah Penerapan Algoritma Machine Learning Pada Chatbot E-Commerce Jersey.
Mari kita bahas secara detail, diuraikan seperti berikut :
Perkembangan teknologi membuat banyak sekali industri untuk melakukan otomatisasi dalam pembaruan proses bisnisnya. Salah satu penerapan dari perkembangan teknologi otomatisasi dengan algoritma machine learning adalah Chatbot. Mungkin dari kita sudah pernah menjumpai pada beberapa website,media sosial akun resmi maupun media lain yang sudah menerapkan chatbot. Chatbot adalah sebuah program otomatisasi yang bisa membantu dalam proses interaksi dengan pelanggan secara otomatis berdasarkan serangkaian peristiwa atau kondisi yang sudah ditentukan sebelumnya.
Chatbot merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk menstimulasikan sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna. Program komputer ini bisa menirukan percakapan manusia baik melalui text,suara maupun visual. Chatbot menggunakan berbagai teknologi di dalamya seperti Artificial Intelligence,Machine Learning,Deep Learning, dan Natural Language Processing. Machine Learning bisa di aplikasikan sebagai mesin yang mempelajari, menganalisa dan mengenal bermacam-macam bahasa pada chatbot, sedangkan Natural Language Processing mempunyai kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa manusia lalu memberikan jawaban yang sesuai dengan bahasa yang digunakan para pengguna.
Penerapan chatbot pada suatu layanan akan sangat dirasakan oleh pengguna karena tersedia dalam 24 jam. Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan pekerjaan sebagai customer service. Walaupun kenyataannya tidak sama persis seperti manusia memberikan jawaban secara lengkap namun dirasa sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dikeluhkan pengguna. Salah satu penerapan chatbot yaitu pada e-commerce jersey.
Gambar 1. Arsitektur Aplikasi
Gambar 2. Tampilan Halaman Awal Jerbot Pada Messenger
Setelah user mengklik mulai, maka jerbot secara otomatis akan menjawab dengan menggunakan kata sapaan atau perkenalan.
Gambar 3. Sapaan Perkenalan Jerbot
Seperti chatbot pada umumnya, user bisa menanyakan lebih lanjut untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai e-commerce jersey tersebut. Informasi-informasi yang hanya bisa diberikan oleh jerbot kepada user seperti: cara pesan, harga, ukuran, pengiriman, pembayaran, dan lain-lain.
Gambar 4. Jerbot Menjawab Pertanyaan Dari User
Ketika pertanyaan dari user tidak sesuai dengan data yang sudah dimiliki oleh jerbot sebelumnya atau kata-kata tidak cocok, maka jerbot bisa meminta user untuk mengulangi pertanyaannya. Percakapan atau obrolan selesai saat kata yang dimasukkan bisa dipahami oleh jerbot.
Gambar 5. Kata Tidak Dimengerti Jerbot
Comments
Post a Comment